Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengirim Lamaran Kerja via Email

Tips Mengirim Lamaran Kerja via Email - lokerdong.com

Dalam era digital seperti sekarang, banyak perusahaan yang menerima lamaran kerja melalui email. Mengirim lamaran kerja melalui email dapat menjadi cara yang efektif untuk menjangkau perusahaan yang Anda minati. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar email lamaran kerja Anda terlihat profesional dan menarik perhatian perekrut. Berikut ini adalah beberapa tips mengirim lamaran kerja via email yang dapat Anda ikuti :
1. Gunakan alamat email yang profesional
Pastikan alamat email yang Anda gunakan terlihat profesional. Hindari menggunakan alamat email yang tidak terkait dengan nama Anda atau terdapat elemen yang kurang serius seperti nama panggilan atau kata-kata yang kurang sopan.

2. Subjek email yang jelas dan menarik
Tuliskan subjek email yang mencerminkan tujuan Anda dengan jelas. Sebaiknya, gunakan subjek yang menunjukkan posisi yang Anda lamar dan nama lengkap Anda. Hindari subjek email yang terlalu umum seperti "Lamaran Kerja" karena hal ini bisa membuat email Anda terlihat tidak menarik.

3. Salam pembuka yang sopan
Mulailah email lamaran Anda dengan salam yang sopan seperti "Bapak/Ibu [Nama Penerima],". Jika Anda tidak mengetahui nama penerima, gunakan salam umum seperti "Halo" atau "Selamat pagi/siang".

4. Lampirkan berkas lamaran lengkap
Pastikan Anda melampirkan semua berkas lamaran yang diminta dalam lowongan pekerjaan tersebut. Umumnya, berkas lamaran yang perlu dilampirkan antara lain adalah surat lamaran, CV, dan portofolio jika diperlukan. Pastikan juga untuk menyimpan berkas-berkas tersebut dalam format yang umum digunakan seperti PDF.

5. Perhatikan format penulisan
Gunakan format penulisan yang rapi dan mudah dibaca. Gunakan paragraf pendek dan jelas, serta jangan lupa untuk memperhatikan tata bahasa dan ejaan yang benar. Periksa kembali email sebelum mengirimnya untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan.

6. Tuliskan isi email dengan ringkas
Ketika menulis isi email, usahakan untuk menyampaikan informasi secara ringkas dan langsung ke inti. Ceritakan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut dan bagaimana pengalaman atau keahlian Anda relevan dengan posisi yang Anda lamar.

7. Tunjukkan motivasi dan minat
Jelaskan dengan jelas mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. Berikan alasan yang spesifik dan tunjukkan pengetahuan Anda tentang perusahaan tersebut. Ini akan menunjukkan motivasi dan minat Anda yang besar terhadap posisi yang Anda lamar.

8. Tampilkan kerja sebelumnya jika relevan
Jika Anda memiliki portofolio atau proyek kerja sebelumnya yang relevan dengan posisi yang Anda lamar, sertakan tautan atau lampirkan beberapa contoh pekerjaan terbaik Anda. Hal ini dapat membantu memperkuat lamaran Anda dan menunjukkan kualitas serta kemampuan yang Anda miliki.

9. Gunakan penutup yang sopan
Tutup email Anda dengan penutup yang sopan, seperti "Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu [Nama Penerima]," dan sertakan tanda tangan dengan nama lengkap Anda, nomor telepon, dan alamat email yang dapat dihubungi.

10. Periksa kembali sebelum mengirim
Sebelum mengirim email lamaran, pastikan untuk memeriksa kembali keseluruhan isi email, melampirkan semua berkas yang diperlukan, serta memastikan tidak ada kesalahan penulisan atau tautan yang rusak. Luangkan waktu untuk memastikan bahwa email Anda terlihat profesional dan menarik sebelum mengirimkannya.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan tanggapan positif dari perusahaan yang Anda lamar. Penting untuk diingat bahwa setiap email lamaran kerja harus disesuaikan dengan perusahaan yang Anda tuju dan posisi yang Anda lamar. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Tips Mengirim Lamaran Kerja via Email"